Friday, November 4, 2011

Siapa Sih Yang Gak Pengen Senang?

Siapa orangnya tak ingin bahagia, mereguk mimpi sepuasnya, meski pada akhirnya kita sadar akan muntah dan menghampiri mimpi mimpi yang lain lagi. Telah kulintasi buruk manis dunia dan berdiri tegak. Meski tak sesengit seperti dulu tapi toh ini dunia yang sama. Ku berusaha tak menyesali yang sudah terjadi, semoga inilah yang terbaik.

Aku pun tak beda, mendamba kebahagian tak bertepi, meski ku tahu itu tak mungkin. Sebab kebahagiaan tidak simultan, karena sebagaimana kesedihan ia juga membutuhkan penawar untuk memberi jalan nafas bagi perputaran hidup yang tak semata mata seperti mesin yang sedang bergerak secara mekanis. Merasa tidak beruntung, mungkin menghinggapi seluruh kepala yang pernah dilahirkan, kenapa tidak begini dan begitu, seperti ini dan itu? Bukannya mau bersikap fatalis, tapi ada baiknya juga bertanya balik, kenapa tak mensyukuri yang ada? Menerima kewajaran sembari merentang sayap kita untuk tetap merdeka? Mengapa duka cita yang hadir malah kita semaikan, kita panen untuk kemudian kita tanam kembali benih yang dihasilkannya di ladang ladang hati…bukankah kita sedang menumbuhkan pohonan dendam di semenjak dini?

Dalam lagunya Iwan pernah bilang, ‘keinginan adalah sumber penderitaan’. Dan derita selalu saja kita keluhkan tanpa pernah kita sungguh sungguh membongkar latar keinginan yang menjadikan kita merasa menderita. Dan balas dendam pada hidup, sekali ia tumbuh akan menjadi sangat sulit untuk dipadamkan. Dan bila motivasi ini sudah membara, maka percayalah, ia akan mampu membakar segalanya, termasuk juga hidup kita sendiri. Jeratan keinginan untuk mendapatkan …nyaris tanpa reserve, dan hal ini akan semakin melambungkan angan angan untuk mengambil dan mengambil lagi. Dan seperti di tengah tengah samudera, semakin banyak kita meminum air dari laut, maka semakin hauslah kita…sampai kapan?

Kisah berikut mungkin tidak cukup adil, dan karenanya aku bermaksud untuk tidak menulisnya disini...


Jakarta, 28 November 2007

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.